TOKOSUMBERHERBAL.COM

Tokosumberherbal.com - Menjual berbagai herbal thibbun nabawi yang murah lengkap dan membuka peluang usaha menjadi agen kami.

Beras Fermentasi Penurun Kolesterol

Apa itu Angkak?
Angkak biasanya sering digunakan sebagai obat penyembuh untuk penderita demam berdarah dan biasanya juga digunakan sebagai bumbu masak. Khasiat angkak sebagai obat herbal kaya akan manfaat yang sudah dikenal ratusan tahun yang lalu oleh bangsa Cina. Angkak merupakan hasil fermentasi dari beras dari beras dengan warna merah. Harga angkak cukup murah dan dapat ditemui diberbagai pasar tradisional. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan angkak untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Penelitian telah membuktikan bahwa angkak mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan Trigliserida dari penderita kolesterol. hal ini karena adanya kelompok senyawa monakolin yang terkandung dalam angkak. Senyawa monakolin ini akan menghambat kinerja enzim yang membentuk kolesterol, hasilnya kadar kolesterol akan menurun. 

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, maka untuk penderita hiperkolesterol sebaiknya mengkonsumsi angkak sekitar 15 sampai 30 gram dalam sehari. Caranya dengan merebus angkak tersebut, kemudian meminum air rebusannya. Lakukanlah cara ini secara rutim dan teratur. Angkak jika dikonsumsi dalam jangka panjang relatif aman. Efek samping dari mengkonsumsi angkak adalah perut terasa kembung dan gangguan pencernaan lainnya. Namun efek samping ini akan dapat dikurangi dengan menambahkan jahe pada air rebusan angkak.

Angkak merupakan beras yang difermentasi dengan menggunakan ragi Monascus sp.

Sebutan untuk angkak berbeda -beda yaitu masyarakat cina menyebut Ang-Khak, Hong – Qu atau Koji, di jepang dsebut Ang-Khak, Koji, Beni atau Red Koji. Sejarah mencatat angkak berasal berasal dari negeri Tirai Bambu, Cina. Awalnyaangkak dikenal sebagai salah satu bahan obat – obatan Cina. Awalnya angkak dikenal sebagai salah satu bahan obat-obatan Cina. Angkak dipercaya dapat memperlancar pencernaan dan meregenerasi sel darah meras.

Saniah, Aminati. Pengaruh pemberian angkak (Red yeast Rice) terhadap kadar kolesterol LDL dan HDL pada wanita Dispidemia. Artikel penelitian UNPID 2013.

Angkak ( Red Yeast Rice /RYR) masuk kedalam kategori makanan fungsional dan dihasilkan dari permentasi beras dengan khamir monascus purpureus. Senyawa bioaktif yang terdapat dalam angkak adalah monakolin K yang memiliki kesanaan mekanisme dengan obat golongan statin yaitu dapat menghambat biosintesis kolesterol dalam hati.

Monakolin K bekerja dengan cara menghambat enzim HMG-KOA reduktase yang akan mencegah pembentukan mevalonat sehingga isoprene yang dihasilkan mevalonat akan menurun dan pembentukan squalen juga akan menurun, serta kadar kolesterol intrasel menurun.

Beras Fermentasi Sebagai Penurun Kolesterol :

1.Sebagai obat tradisional angkak dapat dipakai dengan cara sebagai berikut :

Ditumbuk halus, dimasukan ke dalam cangkir kemudian diseduh dengan air panas ¾ cangkir

2.Manfaat dan Khasiat Angkak :

Menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, melancarkan pencernaan, membantu meregrenerasi sel darah merah, dan sebagai pewarna alami.

3.Efek farmokologi Angkak

a.Mempunyai khasiat antifungionall terhadap Aspergillud, mucorm Penicillium dan Fusarium genus.

b.Mempunyai khasiat anti bakteri terhadap bacillius, Pseudomonas dan Escherichia

c.Mempunyai khasiat penurun kadar kolesterol

4.Kontra indikasi

Penderita ganguan fungsi liver atau gangguan ginjal serta wanita hamil dan menyusui tidak serta wanita hamil dan menyusui tidak disarankan mengkonsumsi angkak karena aktivitas dari monakalin K .

5.Penelitian yang telah dilakukan terhadap khasiat dan manfaat Angkak :

1.Hasil penelitian mahasiswa fakultas Gizi Universitas Diponegoro menyebutkan bahwa pemberian suplementasi kapsul angkak (RYR) dengan dosis 3,6 g/hari selama 24 minggu diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sebesar 21,3% dan meningkatkan kadar HDL sebesar 8,6%.

2.Hasil penelitian Becker dkk tahun 2009 menyatakan pemberian ekstrak angkak pada tikus jantan galur wistar yang telah diberi pakantingii lemak dengan dosis 20 mg/200 BB dan 40 mg/dl dan 48,24 mg/dl.

3.Hasil penelitian Lin dkk tahun 2005 menyatakan beras Monascus purpureus atau angkak dapat menurunkan LDL sebesar27,7% dan meningkatkan HDL sebesar3,4%.

4.Hasil penelitian Wang dan Linn tahun 2007 menyebutkan bahwa angkak dapat menurunkan gula darah dan trigliserida dalam tubuh.

Tokosumberherbal.com adalah toko online grosir sumber herbal lengkap murah  dengan harga grosir dan harga khusus partai keagenan yang menarik. Kami menyediakan herbal berkualitas serta peluang usaha bagi agen yang ingin bermitra dalam usaha penjualan herbal baik agen stokis maupun dropship.

©2016 Toko Sumber Herbal All right reserved   Developed by javwebnet