TOKOSUMBERHERBAL.COM

Tokosumberherbal.com - Menjual berbagai herbal thibbun nabawi yang murah lengkap dan membuka peluang usaha menjadi agen kami.

Manfaat Madu Hutan Murni

Dan Tuhanmu mewahyukan (mengilhamkan) kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia (peternakan lebah). Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).

Selama ribuan tahun madu digunakan dalam berbagai pengobatan. Al Quran dari sejak 1.400 tahun lalu menyatakan:

Dan Tuhanmu mewahyukan (mengilhamkan) kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia (peternakan lebah). Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. [QS. An-Nahl: 68-69]

Sebelum antibiotik ditemukan di tahun 1930-an, madu masih digunakan dalam perawatan berbagai penyakit. Dengan beralihnya manusia ke pengobatan modern, madu kian tersisih perannya. Belakangan ini ketika banyak bakteri menjadi resisten terhadap obat-obatan, banyak orang kembali ke alam dengan memanfaatkan madu dalam pengobatan.

Apa saja khasiat madu? Berikut adalah 7 manfaat madu bagi kesehatan:

1. Obat luka dan borok.

Madu selama berabad-abad telah digunakan untuk perawatan luka dan borok. Madu berisi glukosa dan enzim yang disebut oksidase glukosa. Pada kondisi yang tepat, oksidase glukosa dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida, zat yang bersifat antiseptik kuat. Madu dalam kemasan tidak dapat melakukan reaksi ini. Untuk menjadi aktif dan mengurai glukosa madu, oksidase glukosa memerlukan lingkungan dengan pH 5,5-8,0 dan natrium. PH madu murni yang berkisar antara 3,2 dan 4,5 terlalu rendah untuk mengaktifkan enzim. Kulit dan cairan tubuh (misalnya darah) memiliki pH relatif tinggi dan mengandung natrium sehingga memberikan kondisi yang tepat untuk pembentukan hidrogen peroksida.

2. Merangsang pertumbuhan jaringan

Propolis, enzim, dan serbuk sari, vitamin dan mineral dalam madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru. Bila digunakan pada luka bakar, madu akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi jumlah jaringan parut.

3. Menghaluskan kulit

Asam glukonat dan asam organik ringan lainnya yang terdapat dalam madu dapat melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi, mengurangi keriput dan garis penuaan, menyeimbangkan minyak, dan meningkatkan elastisitas kulit. Madu juga mengandung gula dan asam amino yang membantu mempertahankan kelembaban kulit.

 

Nilai Gizi Madu per 100 g

Energi 304 kcal
Karbohidrat 82.4 g
Gula 82.12 g
Serat 0.2 g
Lemak 0 g
Protein 0.3 g
Air 17.10 g
Riboflavin (Vit. B2) 0.038 mg (3%)
Niacin (Vit. B3) 0.121 mg (1%)
Asam Pantotenat (Vit. B5) 0.068 mg (1%)
Vitamin B6 0.024 mg (2%)
Folat (Vit. B9) 2 mg (1%)
Vitamin C 0.5 mg (1%)
Kalsium 6 mg (1%)
Besi 0.42 mg (3%)
Magnesium 2 mg (1%)
Fosfor 4 mg (1%)
Potasium 52 mg (1%)
Sodium 4 mg (0%)
Zinc 0.22 mg (2%)

Sumber: USDA Nutrient database

5. Antioksidan kuat

Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan, antioksidan yang disebut �pinocembrin� hanya ditemukan dalam madu. Hal ini membuat tubuh Anda lebih sehat, terhindar dari penyakit dan terlihat lebih awet muda.

6. Menurunkan glukosa dan kolesterol darah

Meskipun lebih manis dari gula, madu memiliki indeks glikemik rendah karena diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Anda yang memiliki diabetes harus mengurangi makanan berindeks glisemik tinggi karena akan mendorong lonjakan glukosa darah.

Madu adalah alternatif pemanis yang paling aman dibandingkan gula atau gula sintetis. Beberapa penelitian bahkan menduga madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh.

7. Meringankan penyakit pernafasan

Madu sangat efektif untuk penyakit pernapasan. Sebuah studi di Bulgaria pada hampir 18.000 pasien menemukan bahwa madu membantu mengatasi bronkitis kronis, bronkitis asma, rinitis kronis, alergi dan sinusitis. Madu adalah obat yang efektif untuk pilek, flu, dan infeksi pernapasan.

Selain ketujuh manfaat di atas, madu secara keseluruhan sangat baik untuk Anda karena mengandung banyak sekali vitamin dan mineral (lihat tabel). Madu berwarna gelap mengandung jumlah nutrisi yang lebih tinggi daripada yang berwarna lebih terang. Sebaliknya, gula pasir tidak memiliki nutrisi atau antioksidan sama sekali. Jadi, mengganti gula dengan madu sebagai pemanis memiliki banyak keuntungan.

Madu memiliki jenis yang berbeda-beda, termasuk juga rasa, tekstur, dan khasiatnya. Perbedaan ini rupanya disebabkan karena sumber nektar yang berbeda-beda pula. Misalnya, madu hutan Sumatera dengan hutan Kalimantan, berbeda rasa dan teksturnya. Madu pun ada yang berasal dari tanaman organik dan juga non organik. Sekali lagi, tergantung pada tanaman yang menjadi sumber nektar yang diambil oleh lebah. Dan meski sebenarnya khasiat madu hampir semuanya sama, namun setiap orang punya selera yang berbeda pula soal madu. Nah, berikut ini adalah beberapa macam madu yang kita kenal di Indonesia :

1. Madu hutan

Biasanya dihasilkan dari nektar multiflora, yakni tidak hanya dikhususkan satu tanaman saja. Namun berasal dari berbagai tanaman yang ada dalam satu hutan tersebut. Madu dari Sumatera biasanya cenderung lebih gelap, agak encer, banyak mengandung bee pollen, dan rasanya agak asam. Sedangkan madu dari Kalimantan biasanya warnanya lebih terang, lebih kental, dan rasa manisnya biasa.

Khasiat madu hutan :

  • membantu mengobati anemia dan darah rendah
  • membantu meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh
  • mengobati luka bakar
  • mengobati rematik
  • meningkatkan nafsu makan

2. Madu Randu

Diambil dari nektar bunga pohon randu, umumnya memiliki aroma randu yang khas serta rasanya yang manis sedikit asam, warnanya cokelat terang, serta banyak bee pollen dan royal jelly-nya. Sangat dianjurkan untuk bayi dan balita karena tidak terlalu panas di perut. Khasiat madu randu adalah :

  • mengobati pilek, batuk, dan demam
  • meningkatkan nafsu makan anak
  • membantu meningkatkan kecerdasan otak
  • mengobati penyakit/gangguan kesehatan mulut

3. Madu Kaliandra

Disarikan dari nektar bunga kaliandra, biasanya dikenal dengan madu kuning karena warnanya cenderung kuning dan rasa manisnya khas. Khasiat madu kaliandra adalah :

  • membantu pengobatan hipertensi
  • meningkatkan produksi hormon
  • melancarkan fungsi saluran pencernaan
  • membantu proses pengobatan kanker
  • mengatasi insomnia

4. Madu Karet

Madu karet diambil dari nektar bunga karet dari lebah yang biasanya diternakkan di sekitar hutan karet. Madu karet ini memiliki ciri khas yaitu mudah mengkristal. Khasiat madu karet adalah :

  • membantu mengatasi keputihan
  • mengobati alergi dan gatal-gatal
  • meningkatkan imunitas dan vitalitas tubuh
  • mengobati luka bakar

5. Madu Manuka

Madu manuka adalah madu yang diambil dari nektar bunga manuka (Leptospermum scoparium), yaitu sejenis pohon teh yang tumbuh di dataran Selandia Baru. Warna madu manuka gelap dan cita rasanya khas, dan karena madu manuka ini diambil dari daerah yang bebas polusi di Selandia Baru, maka kualitas madu ini pun menjadi yang terbaik dari madu jenis lain. Bahkan saat ini, madu manuka menjadi madu yang paling populer dengan sifat anti bakterinya yang sangat tinggi. Khasiat madu manuka adalah :

  • menurunkan demam dan meredakan flu
  • mengobati infeksi
  • mengobati radang
  • mengobati gangguan pencernaan

6. Madu Kelengkeng

Menurut saya pribadi, madu kelengkeng ini memiliki rasa seperti sirup. Manisnya enak dan tidak membuat eneg. Madu kelengkeng disarikan dari nektar bunga kelengkeng dan warnanya coklat cerah agak kuning. Memiliki aroma khas seperti buah kelengkeng yang manis. Khasiat madu kelengkeng adalah :

  • memperbaiki fungsi ginjal
  • meningkatkan imunitas
  • melancarkan buang air kecil
  • membantu proses pemulihan pasca operasi

7. Madu Rambutan

Madu ini diproduksi oleh lebah yang mengambil sari bunga rambutan. Khasiatnya dalah :

  • mengobati luka bakar
  • sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil
  • memperbaiki fungsi ginjal
  • mengobati sakit maag

8. Madu strawberry

Madu strawberry adalah madu yang dihasilkan dari nektar bunga strawberry, diambil dari perkebunan bunga strawberry, sehingga aromanya khas dan rasanya yang enak juga disukai oleh anak-anak. Khasiat madu strawberry adalah :

  • meningkatkan daya tahan tubuh
  • memperbaiki fungsi otak
  • meningkatkan nafsu makan
  • meringankan insomnia

Masih banyak lagi jenis madu yang ada di Indonesia, dengan khasiat dan khasnya tersendiri. Ada madu kopi, madu mangga, madu apel, madu mahoni, dan lain sebagainya.

Budayakan mengkonsumsi madu untuk kesehatan keluarga kita. Insya Allah, madu adalah obat terbaik bagi tubuh kita. Sebagaimana firman Allah :

“…Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. An-Nahl : 69)

Insya Allah, madu sangat baik untuk kita semua, dari bayi hingga lansia. Maka jangan ragu lagi untuk selalu menyediakan madu untuk dikonsumsi oleh keluarga kita.

Tokosumberherbal.com adalah toko online grosir sumber herbal lengkap murah  dengan harga grosir dan harga khusus partai keagenan yang menarik. Kami menyediakan herbal berkualitas serta peluang usaha bagi agen yang ingin bermitra dalam usaha penjualan herbal baik agen stokis maupun dropship.

©2016 Toko Sumber Herbal All right reserved   Developed by javwebnet